About This Concert

SEMALAM DI DANAU TOBA DALAM MUSIK, LAGU, TARI DAN PUISI

BERSAMA HARDONI SITOHANG DAN IDRIS PASARIBU

I. Latar Belakang:

1.1. Tentang Danau Toba

Danau Toba adalah sebuah danau vulkanik dengan ukuran panjang 100 kilometer dan lebar 30 kilometer yang terletak di Provinsi Sumatera Utara.

Diperkirakan Danau Toba terjadi saat ledakan sekitar 73.000-75.000 tahun yang lalu dan merupakan letusan supervolcano (gunung berapi super) yang paling baru. Begitu kuatnya ledakan itu, hingga para ahli vulkanologi dunia memperkirakan bahwa bahan-bahan vulkanik yang dimuntahkan gunung itu sebanyak 2.800 km³, dengan 800 km³ batuan ignimbrit dan 2.000 km³ abu vulkanik yang diperkirakan tertiup angin ke barat selama 2 minggu. Debu vulkanik yang ditiup angin telah menyebar ke separuh bumi, dari Cina sampai ke Afrika Selatan. Letusannya terjadi selama 1 minggu dan lontaran debunya mencapai 10 km di atas permukaan laut.

Setelah letusan tersebut, terbentuk kaldera yang kemudian terisi oleh air dan menjadi yang sekarang dikenal sebagai Danau Toba. Tekanan ke atas oleh magma yang belum keluar menyebabkan munculnya Pulau Samosir.

Secara administratif, Danau Toba merupakan kawasan luas yang meliputi wilayah-wilayah tujuh daerah Kabupaten dalam provinsi Sumatera Utara yaitu:

  1. Kabupaten Simalungun;
  2. Kabupaten Tanah Karo;
  3. Kabupaten Dairi;
  4. Kabupaten Samosir;
  5. Kabupaten Humbang Hasundutan;
  6. Kabupaten Tapanuli Utara; dan
  7. Kabupaten Toba Samosir

Di kawasan Danau Toba itulah bermukim empat puak suku-suku Batak yaitu Toba, Karo, Simalungun dan Pakpak. Mereka hidup dalam harmoni dengan alam yang indah dan ditopang oleh tradisi yang masih terjaga lestari sejak ratusan bahkan ribuan tahun lalu hingga kini yakni prinsip ikatan keluarga besar yang dikenal dengan Dalihan Natolu (tiga tungku).  Prinsip ikatan Dalihan Natolu itulah yang secara efektip telah memelihara kuat identitas kultural dan persatuan orang-orang Batak walaupun telah lama meninggalkan kampung halamannya dan hidup diperantauan.

1.2. Kesenian Tradisional Batak dan Pariwisata Danau Toba

Danau Toba merupakan salah satu danau terbesar di dunia. Dia telah menarik ribuan minat peneliti maupun pelancong dari seluruh dunia karena keindahan alamnya yang luar biasa. Danau Toba sejak lama telah menjadi daerah tujuan wisata utama di Sumatera Utara dan hingga dekade tahun 80an merupakan tujuan wisata kedua terpopuler di Indonesia setelah Bali. Namun sejak dekade tahun 90an hingga sekarang kawasan Danau Toba mulai tertinggal dalam tingkat kunjungan wisatawan nusantara maupun mancanegara.

Hal ini tentu saja merupakan kerugian bagi kita semua: masyarakat penduduk sekitar Danau Toba, pelaku industri pariwisata maupun Pemerintah Daerah yang kehilangan potensi penerimaan pendapatan asli daerah dari sektor pasriwisata.

Oleh karena itu perlu dicari cara-cara yang efektif untuk mengembalikan minat wisatawan domestik maupun asing untuk datang ke Danau Toba. Salah satu cara yang perlu dikembangkan untuk mengemas promosi pariwisata Danau Toba yang efektif adalah pertunjukan kesenian tradisional Batak baik di sekitar Danau Toba sendiri maupun di luar kawasan Danau Toba.

Promosi pariwisata Danau Toba melalui pertunjukan kesenian tradisional Batak di luar daerah kami yakini akan dapat menumbuhkan minat calon wisatawan dalam maupun luar negeri untuk mengunjungi Danau Toba. Kenapa? Karena kesenian tradisional Batak termasuk salah satu jenis kesenian yang lengkap seperti seni musik, lagu, seni tari, seni rupa maupun ukirannya dan sangat unik. Bahkan pertunjukan seni musik tradisional Batak saat dipertunjukkan di pentas-pentas di luar negeri mampu menarik appresiasi yang sangat tinggi dari bangsa-bangsa asing. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya liputan dan dokumentasi video atas pertunjukan kesenian tradisional Batak yang dipublikasikan di internet dan mendapat tanggapan yang sangat banyak dan bersemangat.

Oleh karena itu pertunjukan kesenian tradisional Batak perlu diperbanyak baik di kawasan danau Toba itu sendiri maupun di luar daerah. Kami percaya bahwa memperbanyak frequensi pertunjukan kesenian tradisional Batak akan menjadi  fondasi yang kokoh untuk mendukung penghidupan kembali pariwisata Danau Toba yang berbasis kultural dan ekonomi kreatif dengan menempatkan penduduk lokal sebagai aktor utamnya di samping alamnya yang indah.

1.3. Kerjasama Promosi Pariwisata Danau Toba dan Pariwisata Kepulauan Riau

Ketika pariwisata Danau Toba menurun dalam 20 tahun terakhir, maka pariwisata Kepulauan Riau justru mengalami perkembangan yang sangat pesat. Dengan dua detinasi utama yaitu Pulau Batam dan Pulau Bintan, pariwisata Kepri telah mampu mendapatkan jumlah kunjungan wisatawan asing yang cukup besar dari luar negeri. Kemajuan ini tidak terlepas dari letak geografis Kepulauan Riau yang dekat dengan negara-negara tetangga kita yang lebih maju ekonominya yaitu Singapura, Malaysia dan Thailand.

Tidak dapat diragukan lagi bahwa dengan letak geografis yang sangat strategis dan infrastruktur serta sarana pariwisata yang dimilikinya saat ini pariwisata Kepulauan Riau terutama Batam, Bintan dan Tanjungpinang akan terus berkembang maju di masa-masa yang akan datang. Baik Pulau Batam maupun Pulau Bintan terutama Bintan Resortnya saat ini saja sudah menjadi tujuan destinasi yang sangat populer bagi turis-turis mancanegara yang dibuktikan oleh berbagai pengakuan dan penghargaan yang diberikan oleh organisasi industri pariwisata Internasional seperti PATA.

Situasi terbalik yang dialami oleh kondiri pariwisata Danau Toba di satu sisi dan pariwisata Kepulauan Riau di sisi lain ini sebenarnya dapat dibalik menjadi situasi di mana keduanya maju dan berkembang bersama-sama. Pemerintah Sumatera Utara dan pemerintah Kabupaten-kabupaten yang memiliki kawasan Danau Toba dapat bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau, Kota Batam serta Kota Tanjungpinang dan Kabupaten Bintan untuk memasarkan wisata Danau Toba kepada wisatawan-wisatawan asing yang datang berkunjung ke Kepulauan Riau. Jika ini dapat dilakukan dengan baik maka wisawatan yang datang berkunjung ke Kepulauan Riau akan mendapatkan pengalaman wisata yang lenkap yaitu wisata berbasis bahari dengan resort-resort modern di Kepulauan Riau dengan wisata bernuansa pegunungan dan danau serta kesenian tradisional musik, lagu tari Batak yang kelestariannya masih terjaga dengan baik di Danau Toba.

I.4.  Anugerah Tour & Travel

Anugerah Tour & Travel adalah badan usaha yang berkedudukan di Tanjungpinang dengan misi utama menyediakan jasa dibidang wisata dan perjalanan.

Motto Anugerah Tour & Travel: “Connecting Indonesia to the World” yang artinya sesuai dengan missi usaha yaitu ingin menjadi penghubung Indonesia ke seluruh dunia.

Meskipun berkedudukan di Tanjungpinang, namun dengan dukungan teknologi informasi yang ada saat ini seperti internet dan jaringan kerjasama dengan usaha jasa pariwisata di kota-kota lainnnya di dalam negeri maupan luar negeri Anugerah Tour & Travel dapat menyediakan pelayanan kepada pelanggan kami di manapun berada atau untuk tujuan perjalanan ke manapun di Indonesia maupuan negara-negara tetangga lainnya.

Partner usaha kami saat ini antara lain meliputi:

  1. Perusahaan maskapai penerbangan nasional termasuk Garuda Indonesia, Sriwijaya Air, Mandala Air, Batavia Air dan lain-lain;
  2. Puluhan hotel-hotel utama di dalam maupun luar negeri seperti:
    1. Jakarta: Ritz Carlton,  Mulia Hotel, Marriot Hotel, Hotel Nikkro dan lain-lain;
    2. Bali: The Samaya Seminyak, Bali Desa Nusa Dua dan lain-lain;
    3. Jogjakarta: Hotel Santika Premiere dan lain-lain;
    4. Medan: Grand Angkasa International Hotel, Hotel Danau Toba International dan lain-lain;
    5. Batam: I Hotel, Goodway Hotel, Novotel dan lain-lain;
    6. Bintan: Bintan Lagoon Resort, Nirwana Gardens dan lain-lain;
    7. Bandung: Aston Hotel dan lain-lain;
    8. Bogor: Hotel Santika dan lain-lain
    9. Dan kota-kota lainnya, serta hotel-hotel di negara tetangga seperti:
    10. Singapura: Shangri-la Hotel, Concorde Hotel dan lain lain;
    11. Malaysia: Grand Season Hotel, Kuala Lumpur Internation Hotel dan lain-lain
  3. Travel agent di berbagai kota lainnya di kota-kota tujuan wisata lainnya di dalam dan luar negeri;

Untuk itu kami siap setiap saat melayani anda untuk merecanakan perjalanan bisnis, wisata maupun tujuan sosial lainnya dengan menyediakan:

  1. Reservasi tiket udara on line dari dan ke seluruh wilayah Indonesia;
  2. Reservasi hotel dengan harga diskon di kota-kota tujuan utama di Indonesia;
  3. Merencanakan paket wisata baik perorangan maupun group di seluruh Indonesia;
  4. Merencanakan paket-paket pertemuan usaha: konferensi kerja, company outing, outbound training dan lain-lain;

Untuk semua jasa itu, anda tidak perlu meninggalkan pekerjaan atau rumah anda. Anda cukup mengirimkan pesan kepada kami melalui email, telepon atau layanan singkat anda dengan informasi yang jelas mengenai nama anda, keperluan anda serta jadwal yang anda inginkan. Staff berpengalaman kami akan melayani anda di manapun anda berada.

Berangkat dari latar belakang dan misi perusahaan kami sebagaimana kami sebutkan di atas, maka kami bermaksud mengadakan acara konser Semalam di Danau Toba Dalam Musik Lagu Tari dan Puisi dengan rencana sebagai berikut:

II. Maksud dan Tujuan:

Maksud diadakannya even kesenian ini adalah:

Berpartisipasi dalam mendukung promosi Pariwisata Kepulauan Riau dan Danau Toba melalui even pertunjukan budaya nusantara dalam hal ini etnis Batak;
Adapun tujuan diadakannya event ini adalah:

  1. Menyediakan even hiburan bagi warga Bintan dan Batam dan sekitarnya serta para wisatawan lokal maupun maca negara yang berkunjung ke Bintan dan Batam;
  2. Membantu mempromosikan paket-paket wisata Kepulauan Riau dan wisata Danau Toba baik kepada masyarakat umum di Kepri maupun kepada wisatawan yang sedang berkunjung di Bintan dan Batam;
  3. Mewujudkan appresiasi dan pelestarian budaya tradisional Batak sebagai bagian dari kebudayaan nasional;

III. Nama acara:

Konser Semalam di Danau Toba Dalam Musik, Lagu, Tari dan Puisi Bersama Hardoni Sitohang dan Idris Pasaribu

Bentuk kegiatan:

  1. Pertunjukan musik, lagu, tari tradisional Batak dengan alat-alat musik tradisional; taganing, hasapi, sulim, sordam dan lain lain oleh Hardoni Sitohang dan kawan-kawan;
  2. Pembacaan puisi-puisi bertema Danau Toba oleh penyair Idris Pasaribu;
  3. Persembahan kesenian Melayu sebagai kesenian tuan rumah;


IV. Jadwal dan tempat:

1. Tanjungpinang:

Gedung Olah Raga Kaca Puri Tanjungpinang

Kamis, 1 Juli 2010

Waktu: Pukul 19.00 s.d. 21.00

2. Batam:

Indoor Sport Hall Komplek Tumenggung Abdul Jamal Batam

Sabtu, 3 Juli 2010

Waktu: Pukul 19.00 s.d. 21.00


V. Pelaksana Kegiatan:


ANUGERAH TOUR AND TRAVEL  Tanjungpinang

Susunan Panitia Pelaksana konser ini adalah sebagai berikut:

Ketua Panitia :  Lenni Purba

Acara :  1. Jones Brendo Sinambela; 2. Johannes Purba

Humas dan Publikasi :  1. Greos Saragih; 2. Jamaludin Sagala; 3. Hasudungan Rudy Yanto Sitohang

Perijinan :  1. Rahman Silaen; 2. Martua Bakkara

Pemasaran dan Kerjasama : Petrus M. Sitohang

Desain Artistik : Riyanthi Sianturi

Panggung dan Perlengkapan : Marojahan Manalu

Keamanan :  Ronald F. Sitohang

Tiket & Kesekretariatan :  Lory Innaria

Sekretariat Panitia:

Comfort Hotel & Resort

Jln. Adi Sucipto No. 10

Tanjungpinang

Kepulauan Riau

Tlp. 0771 41158; 0813 6421 9990

email: konserdanautoba@sitohang.org

http://www.konserdanautoba.wordpress.com

Responses

  1. Tolong informasikan mengenai harga tiket dan cara perolehannya.

    Terimakasih

    • VIP: Rp. 250.000
      Kelas 1: Rp. 150.000
      Kelas 2: Rp. 50.000
      Festival: Rp. 25.000

      Tiket dapat di pesan di:

      1. ANUGERAH TOUR & TRAVEL
      Comfort Hotel & Resort
      Jln. Adi Sucipto No. 10
      Tanjungpinang
      Tlp. 0771 41158 atau 0771 41234 pes 119

      2. PRINCE TOUR & TRAVEL
      Ruko Grand California Blok G1 No. 3B Batam Center
      Batam
      Tlp. 0778 7000839 atau 0778 462105

      3. SMECT TOUR & TRAVEL
      Gedung SMECT Center
      Ruko Aviari 2 No. 3-7 Batu Aji
      Batam
      Telp. 0778 391181

      email: konserdanautoba@sitohang.org


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: