Posted by: konserdanautoba | April 13, 2010

AUDIENSI PANITIA KONSER DANAU TOBA DENGAN KEPALA DINAS KEBUDAYAAN PARIWISATA KEPRI

Robert Iwan Loreaux, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata kepulauan Riau didampingi Raja Murad, Kepala Bidang Budaya, Seni dan Perfiliman Dinas tersebut, sedang memberikan saran-saran kepada Panitia Konser Danau Toba yang mengadakan audiensi di kantornya pada hari Senin 12 April 2010. Panitia Konser Danau Toba dipimpin oleh Ketuanya Lenni Purba dan Greos Saragih (membelakangi lensa) dan Petrus Sitohang (kanan).

Pada hari Senin tanggal 12 April 2010, jam 09.00 Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kepulauan Riau Robert Iwan Loreaux menerima Panitia Konser Danau Toba dalam sebuah acara audiensi di kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepri di Tanjungpinang. Robert Iwan Loreaux didampingi oleh Raja Murad yang adalah Kepala Bidang Budaya Seni dan Perfiliman. Sedangkan Panitia Pelaksana Konser Danau Toba dipimpin oleh Ketuanya Lenni Purba yang juga Direktur Utama Anugerah Tour & Travel Tanjungpinang. Lenni Purba didampingi oleh beberapa anggotanya seperti Greos Saragih dan Petrus Sitohang.Dalam kesempatan tersebut Lenni Purba menjelaskan kepada Robert Iwan Loreaux dan Raja Murad mengenai rencana pementasan Konser Semalam Di Danau Toba Dalam Musik Lagu Tari dan Puisi Bersama musisi tradisional Batak yang sudah sering melanglang buana ke mancanegara asal Medan yaitu Hardoni Sitohang dan sasterawan asal Medan Idris Pasaribu di Tanjungpinang dan Batam tanggal 1 dan 3 Juli 2010.

Lenni Purba menjelaskan bahwa konser ini dimaksudkan untuk turut menyemarakkan kegiatan kepariwisataan berbasis kebudayaan tradisional Indonesia di Kepulauan Riau dan mendukung promosi bersama pariwisata Danau Toba dan Kepulauan Riau. Selain itu, Lenni Purba juga menjelaskan, bahwa tujuan diadakannya even kebudayaan ini adalah untuk memberi hiburan kepada masyarakat Batak yang ada di Kepulauan Riau serta pelestarian kebudayaan tradisional Batak yang berkembang di sekitar kawasan Danau Toba.

Lenni menjelaskan bahwa melalui event ini diharapkan akan ada kerjasama antara Pemerintah Kepulauan Riau dan Sumatera Utara serta tujuh Kabupaten sekitar Danau Toba yaitu Simalungun, Tanah Karo, Dairi, Samosir, Humbang Hasundutan, Tapanuli Utara dan Toba Samosir dalam melakukan promosi pariwisata secara bersama-sama. Untuk itu Lenni Purba mengharapkan dukungan dari pemerintah Provinsi Kepulauan Riau bagi suksesnya penyelenggaraan konser ini.

Di akhir acara audiensi, Lenni Purba, Ketua Panitia Konser Danau Toba memberikan cindera mata kepada H. Robert Iwan Loreaux berupa miniatur rumah Batak Toba buatan pengrajin Tomok Samosir dan kaos bertema Danau Toba.

Menanggapi rencana ini, Robert Iwan Loreaux menegaskan dukungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau bagi terselenggaranya event ini. Untuk itu, dia berjanji akan merekomendasikan kepada Gubernur Kepulauan Riau untuk memberikan dukungan dana yang dibutuhkan sesuai kemampuan anggaran pemerintah daerah. Selain itu dia juga memberikan beberapa saran dan masukan kepada Panitia Pelaksana agar konser ini berhasil termasuk mengusulkan agar tempat pelaksanaan konser di kota Tanjungpinang dibuat terbuka di Lapangan Pamedan sehingga lebih banyak masyarakat yang berminat dapat menyaksikannya.

Menanggapi masukan tersebut, Lenni Purba berjanji untuk mempertimbangkan usulan Robert Iwan Loreux sebagai rencana kedua jika dukungan dana dari para sponsor mencukupi untuk menutup biaya pementasan di Tanjungpinang secara terbuka. Hal ini mengingat dana yang dibutuhkan untuk mendatangkan sekitar 28 personil pendukung acara ini dari Medan berjumlah lebih dari Rp. 280 juta dimana salah satu sumber pendanaan yang direncanakan antara lain bersumber dari penjualan tiket masuk.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: