Posted by: konserdanautoba | March 20, 2010

CUPLIKAN KOLABORASI SITOHANG BERSAUDARA

Salah satu cuplikan penampilan Hardoni Sitohang pada taganing (sejenis conga) dengan adiknya Martahan Sitohang pada sulim (seruling) pada saat perayaan wisuda sarjana Martahan Sitohang dari Jurusan Etnomusikologi Universitas Sumatera Utara di Medan baru-baru ini.

Hardoni dilahirkan dari keluarga seniman tradisional Batak. Ayahnya Guntur Sitohang adalah pemusik tradisional Batak dan pembuat instrumen musik Batak. Hardoni menguasi hampir seluruh instrumen musik Batak.

Selain Martahan, saudara Hardoni yang lain yaitu Martogi Sitohang telah lebih dahulu menjalani karir di bidang musik tradisional Batak mengikuti ayah mereka. Baik Martogi dan Hardoni Sitohang telah banyak melakukan pertunjukan musik tradisional Batak di berbagai negara selain di dalam negeri.

Ketiga bersaudara ini telah bertekad akan menekuni musik tradisional Batak sebagai jalan hidupnya. Sebuah pertanda baik bahwa musik tradisional Batak memiliki generasi penerus yang dapat diandalkan untuk kelestariannya.

Sedangkan dalam video kedua ini Guntur Sitohang (76 tahun) pada taganing berkolaborasi dengan Martahan Sitohang pada taganing dan sarune (serunai) juga dalam acara perayaan wisuda sarjana Martahan Sitohang.

Kita akan dapat menyaksikan kepiawaian Hardoni Sitohang memainkan musik tradisional Batak seperti yang dalam video di atas di Tanjungpinang dan Batam pada bulan Mei nanti.

Jangan lewatkan…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: