Posted by: konserdanautoba | April 21, 2010

BUKU DALIHAN NA TOLU KARANGAN HUMALA SIMANJUNTAK, SH

Judul buku: DALIHAN NA TOLU
Pengarang: HUMALA SIMANJUNTAK, SH
Penerbit: OC KALIGIS & ASSOCIATES
Cetakan: Kedua, Oktober 2006

—————————————————-

Melihat sampul buku yang sederhana ini anda perlu mengingat ungkapan “jangan menilai buku dari sampulnya tetapi isinya”.

Buku ini mengupas adat Batak dan kebatakan dengan perspektif yang sangat luas termasuk issue globalisasi, politik Indonesia, hak asazi manusia, ekonomi, hukum dan agama terutama dari sudut pandang agama Kristen.

Dalam buku ini, penulis ingin mengajak orang Batak terutama generasi muda untuk kembali dan melestarikan adat istiadat Batak yang sangat luhur sebagaimana tercermin dalam ajaran “Pantun do hangoluon, tois do hamagoan.”

Buku ini mengupas adat Batak secara objektif dan jujur. Memuat garis besar ajaran falsafah hidup orang Batak Dalihan Na Tolu yang hidup ditengah-tengan masyarakat Batak dewasa ini serta perbandingannya dengan pandangan hidup suku-suku lain seperti Maluku dan Minahasa.

Buku ini bukan hanya berisi kekaguman penulis pada keluhuran adat Batak tetapi juga pandangan kritis penulis terhadap adat Batak dewasa ini, termasuk otokritik penulis sebagai salah satu keturunan Raja Marsundung Simanjuntak atas konflik yang berkepanjangan di kalangan marga Simanjuntak yang dikenal dengan kelompok “Parhorbo jolo” vs “Parhorbo pudi”.

Humala Simanjuntak, SHBuku ini ditulis oleh Humala Simanjuntak, SH (74 tahun), seorang pensiunan hakim yang menapak karir dari bawah hingga mencapai puncaknya sebagai ketua Pengadilan Tinggi Maluku. Keberhasilan penulis menapak karir yang demikian tinggi dan pemahamannya mengenai adat Batak merupakan sumber otoritas dan kompetensi yang sangat kuat bagi penulis untuk menulis subjek ini.

Buku ini wajib dibaca oleh orang Batak di mana sajapun berada terutama generasi mudanya.  Buku ini juga merupakan referensi yang sangat dianjurkan untuk para ahli dan pengamat yang ingin memahami atau meneliti dinamika masyarakat Batak, khususnya Batak Toba dewasa ini.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: